Olahraga yang Bisa Dilakukan Dirumah Dengan Mudah

Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin tidak ingin berolahraga di gym. Beberapa orang lebih memilih olahraga di rumah. Beberapa mungkin kesulitan dengan penitipan anak atau logistik lainnya. Yang lain hanya ingin membuat rutinitas olahraga yang dapat mereka lakukan di rumah atau saat bepergian dan tanpa akses ke gym.

Yang lebih sulit lagi adalah mencari tahu apa yang harus dilakukan, terutama jika Anda tidak terbiasa berolahraga secara teratur atau tidak yakin bagaimana merancang rutinitas yang efektif di rumah yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Apa Saja Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah?

  1. Push up

Push up merupakan olahraga yang bisa dilakukan dimana saja, termasuk di rumah. Olahraga ini mudah dilakukan. Push up merupakan olahraga yang mempunyai manfaat untuk memperkuat otot trisep dan bisep.

Ada beberapa cara untuk melakukan ini. Pertama, lakukan posisi tengkurap dengan tangan di setiap posisi tubuh. Kedua, dorong tubuh dari atas ke bawah menggunakan kekuatan tangan Anda. Dalam gerakan ini, usahakan agar kaki dan tubuh tetap lurus dan dalam posisi lurus. Ketiga, turunkan tubuh sambil mempertahankan posisi. Lakukan cara ini berulang-ulang.

Dalam melakukan push up, Anda dapat memposisikan tangan dalam beberapa bentuk. Seperti mengepal, membuka, menggunakan jari bahkan menggunakan punggung tangan. Ada beberapa cara melakukan push up.

Beberapa di antaranya adalah push up yang disertai dengan mengubah jarak pada telapak tangan atau telapak kaki. Selain itu, Anda bisa melakukan push up disertai dengan mengubah ketinggian kaki Anda.

  1. Sit up

Olahraga lain yang bisa dilakukan di rumah adalah sit up. Sit up adalah latihan yang melibatkan otot perut dalam gerakannya. Oleh karena itu, salah satu manfaat melakukan sit up adalah membuat perut six pack.

Sit up dapat dilakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain. Pertama-tama, posisikan kedua tangan memegang bagian belakang kepala dengan sudut siku. Kemudian berbaring. Setelah itu Anda bisa mencoba untuk bangkit tanpa melepaskan tangan Anda.

Jika melakukan sit up dengan orang lain, mereka akan membantu untuk menahan kedua kaki. Namun, jika Anda melakukannya sendiri, Anda bisa menempelkan kaki di antara kursi atau meja.

  1. Jumping Jack

Olahraga di rumah dengan jumping jacks. Jumping jack merupakan salah satu gerakan olahraga yang sering dimasukkan dalam gerakan senam. Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin melakukan olahraga ini adalah dengan memposisikan tubuh dalam posisi tegak.

Lalu lompat dan ayunkan kedua tangan ke atas. Gerakan ini dilakukan dengan merentangkan kaki. Setelah melompat, ulangi gerakan seperti sebelumnya dan lakukan berulang kali.

Anda dapat melakukan latihan ini di pagi atau sore hari. Olahraga ini merupakan olahraga ringan. Selain itu, jumping jacks juga tidak membutuhkan tempat yang luas, sehingga bisa dilakukan di luar ruangan atau di dalam ruangan.

  1. Joging

Meski identik dengan taman atau jalanan, ternyata jogging juga bisa dilakukan di rumah. Jogging adalah olahraga lari cepat atau lambat. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika Anda rutin melakukan jogging. Lakukan jogging selama 15 hingga 30 menit setiap hari. Jogging juga mempunyai pengaruh terhadap kesehatan mental dan emosional.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari jogging. Seperti membantu menjaga atau menurunkan berat badan, menyehatkan jantung, memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kekuatan tulang, mengembangkan otot, memperbaiki sistem pernapasan, menyehatkan pikiran hingga mengurangi stres.

Olahraga di rumah memang sangat cocok bagi Anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk olahraga di luar rumah dan semoga artikel ini dapat memberikan Anda inspirasi agar bisa berolahraga di rumah, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.